Penyebab Puting Susu Sakit

Penyebab Puting Susu Sakit – Ada alasan puting payudara dianggap sebagai salah satu bagian paling sensitif dari tubuh manusia. bagian tubuh yang sangat sensitif ini mudah dirangsang dan mudah teriritasi, dan ada banyak alasan kenapa seseorang bisa mengalami puting payudara sakit dari waktu ke waktu.

Penyebab Puting Susu Sakit

Penyebab Puting Susu Sakitberikut adalah 10 penyebab Puting Payudara Sakit:

Gesekan

Melakukan aktivitas seperti berolahraga tanpa bra, atau memakai bra yang tidak pas, dapat menyebabkan puting susu terasa sakit akibat gesekan kain yang berulang-ulang terhadap kulit. selain rasa sakit, kulit puting juga bisa teriritasi dan menjadi kering atau pecah-pecah. oleh karena itu, selalu gunakanlah ukuran bra yang tepat (tidak longgar atau terlalu ketat).

Alergi / sensitivitas

seperti yang sudah kita ketahui, puting susu adalah salah satu area paling sensitif di tubuh dan dapat bereaksi terhadap perubahan halus dalam lingkungan. dengan kata lain, rasa sakit pada puting susu mungkin menunjukkan kepekaan terhadap berbagai rangsangan seperti cuaca dingin atau panas, gel mandi atau sabun, deterjen, lotion, atau kain pakaian. selain sakit, gejala sensitivitas atau alergi juga bisa disertai gatal, kemerahan atau pecah-pecah.

Aktivitas seksual

menggosok atau gesekan kuat selama aktivitas seksual dapat menyebabkan puting menjadi sakit. Ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya begitu rangsangan dihentikan. sebaiknya, kurangi dahulu memfokuskan “permainan” pada area puting dan pindahkan rangsangan ke area lainnya. baca juga: penyebab nyeri saat berhubungan seksual

Perubahan hormon

puting payudara sakit atau merasa tidak nyaman biasanya terjadi di waktu-waktu tertentu dalam siklus bulanan wanita. hal ini dipicu oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. meski kondisi ini sangat wajar, namun jika sakit puting susu berkepanjangan, sebaiknya periksakan diri ke dokter. baca juga: Penyebab haid telat

Penyakit Paget pada puting

meski sangat jarang, nyeri puting susu bisa merupakan gejala penyakit paget –yaitu penyakit puting langka dari tipe kanker payudara. penyebab kondisi ini belum diketahui, namun segera periksakan diri anda jika puting payudara anda terlihat kemerahan, gatal atau nyeri, terdapat luka, mengeras, seperti ada benjolan dan bersisik, dan ada cairan atau darah yang keluar dari puting payudara.

Kehamilan

puting susu sakit adalah keluhan yang sangat umum selama masa kehamilan. ini adalah hal yang normal dan bukan masalah serius. ketika hamil, jaringan payudara sangat sensitif terhadap hormon, sehingga ketika hormon-hormon kehamilan mulai membanjiri, volume darah tubuh meningkat, membuat payudara terasa lebih berisi dan lebih berat.

anda mungkin mengalami kondisi ini sekitar 6-8 minggu setelah kehamilan dan setelah beberapa bulan pertama. selain itu, areola anda (lingkaran berpigmen di sekitar puting) juga mungkin akan tampak menjadi lebih besar dan lebih gelap. penggunaan bra yang sangat tepat dan mendukung adalah ide baik untuk meminimalkan gesekan, tekanan atau gatal pada puting. baca juga: bahaya kista ovarium pada ibu hamil

Menyusui

sekitar 80% wanita menyusui sering mengalami puting susu sakit, terutama pada hari-hari pertama menyusui. beberapa ibu menyerah karena nyeri puting mereka menjadi terlalu berat untuk diatasi. namun, penelitian menunjukkan bahwa menyusui memiliki banyak manfaat kesehatan dan sepadan dengan upaya, jadi cobalah untuk tekun dan dapatkan tekniknya dengan benar, dengan bantuan dari konselor menyusui jika diperlukan.

bila bayi gagal melekat dengan benar selama menyusui, maka dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang ekstrem. menyusui seharusnya tidak menyakitkan, sehingga memasangnya dapat memperburuk keadaan. jika bayi anda menyakiti anda saat dia menyusui, keluarkan dia dari payudara dengan menggeserkannya menggunakan jari dengan lembut ke sudut mulutnya sampai pegangannya terlepas. kemudian coba lagi. jika rasa sakit berlanjut, atau puting anda mulai pecah atau berdarah, mintalah konselor menyusui untuk membantu bayi anda menempel dengan benar.

Mastitis

mastitis adalah peradangan saluran payudara yang biasanya disebabkan oleh drainase susu yang buruk selama menyusui. kondisi ini bisa berkembang dengan sangat cepat. gejalanya termasuk area memerah di bagian payudara dan terasa nyeri atau terasa menggumpal di payudara serta terasa panas jika disentuh. atau mungkin juga disertai gejala mirip flu. jika rasa sakit belum mereda dalam 12 hingga 24 jam, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter.

Abses payudara

abses payudara terjadi ketika kumpulan nanah yang menyakitkan terbentuk di payudara. abses payudara sering dikaitkan dengan mastitis yang biasanya mempengaruhi wanita menyusui. namun, kondisi juga bisa terjadi akibat tindik puting. ini disebabkan oleh bakteri yang memasuki jaringan payudara, atau saluran susu yang tersumbat.

Kandidiasis

Sariawan pada puting payudara atau kandidiasis dapat menyebabkan rasa nyeri pada puting. gejalanya antara lain kemunculan rasa nyeri, perih pada salah satu atau kedua payudara, rasa nyeri yang bertahan hingga sejam setelah menyusui, serta puting payudara merekah, bersisik, atau terasa perih.

gejala kandidiasis bisa terasa setelah beberapa minggu menyusui. namun, bisa juga tidak terasa gejala infeksi pada payudara Ibu. gejala sariawan, seperti bercak putih, dapat pula ditemukan pada mulut bayi. bila sudah seperti ini, baik ibu maupun bayi memerlukan pengobatan dengan krim atau gel antijamur atau obat yang diminum.

Cara Mengatasi Puting Payudara Sakit secara Alami

ada beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengatasi sakit pada puting payudara. salah satu pengobatan tersebut yaitu dengan teknik kompres teh celup pada puting susu sakit saat menyusui. anda dapat mengompres puting susu yang terasa sakit dengan air hangat suam kuku selama kurang lebih 15 menit setelah menyusui, kemudian dilanjutkan dengan mengompres menggunakan kantong teh celup.

teh sendiri memiliki kandungan polifenol yang disebut catechins, dimana kandungan ini berfungsi sebagai penyembuh luka alami. polifenol bekerja dengan menstimulasi keratinosit atau lapisan kulit yang memiliki fungsi pelindung terhadap bahaya mekanis, invasi mikroba dan kehilangan cairan serta dapat mempersingkat waktu penyembuhan pada luka di lapisan kulit terluar.

demikian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Penyebab Puting Susu Sakit. bagi anda yang sering mengalami puting payudara sakit, pengobatan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat. QnC Jelly Gamat ini merupakan obat herbal multikhasiat yang dapat membantu mengobati penyebab masalah Puting Susu Sakit. informasi selengkapnya silahkan klik: QnC Jelly Gamat

posted by: https://www.pakarkista.com/

Penyebab Puting Susu Sakit

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *