Penyebab Pusing Saat Hamil

Penyebab Pusing Saat Hamil – Pusing saat hamil merupakan gejala normal selama kehamilan. biasanya kondisi ini terjadi pada trimester pertama, namun beberapa mungkin mengalaminya selama kehamilan.

Penyebab Pusing Saat Hamil

Penyebab utama pusing dalam kehamilan disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan pembuluh darah rileks dan melebar, ini membantu meningkatkan aliran darah ke bayi tapi memperlambat kembalinya darah ke pembuluh darah anda. akibatnya, tekanan darah anda menjadi lebih rendah hingga menimbulkan rasa pusing karena aliran darah ke otak berkurang.

beberapa penyebab pusing saat hamil lainnya:

  • pusing bisa disebabkan oleh kadar gula darah rendah akibat tubuh beradaptasi dengan perubahan metabolisme.
  • pada trimester kedua, pusing bisa disebabkan oleh rahim yang tumbuh memberi tekanan pada pembuluh darah.
  • pusing dapat terjadi akibat adanya penekanan pada pembuluh darah oleh berat badan janin, terutama saat ibu hamil berbaring telentang.
  • pusing bisa terjadi akibat perngaruh temperatur tubuh yang sedikit meningkat oleh pertumbuhan bayi.
  • pusing bisa disebabkan akibat melakukan perubahan posisi terlalu cepat, misalnya bangun dari posisi duduk atau berbaring dengan cepat.
  • menderita anemia ketika hamil akibat kadar zat besi dalam tubuh rendah juga dapat menyebabkan pusing.

Cara Mencegah Pusing saat Hamil

ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi frekuensi pusing selama kehamilan.

minum air putih yang cukup

banyak minum air putih ketika hamil dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. hindari minuman yang mengandung cafein, seperti teh, kopi dan minuman berkarbonasi yang dapat merangsang ibu hamil untuk terus berkemih.

makan secara teratur

makan secara teratur dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. usahakan untuk tidak makan berlebihan, lebih baik makan dalam porsi kecil tapi sering. beberapa makanan seperti kacang almond, pisang, dan biskuit gurih adalah pilihan makanan yang cukup baik untuk menjaga keteraturan asupan makanan dan kadar gula darah yang stabil.

cukupi asupan zat besi

mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dapat mencegah ibu hamil dari anemia. beberapa makanan tersebut diantaranya: sayuran hijau bayam, daun singkong, kangkung, daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, kubis, dsb.

rajin bergerak

rajin bergerak dapat melancarkan sirkulasi darah. cobalah sering-sering menggeser posisi atau bergantian menggunakan kaki yang dijadikan penopang jika pekerjaan menuntut anda untuk berdiri dalam waktu lama. sementara jika pekerjaan ibu hamil lebih banyak duduk, berjalan-jalan lah sesekali agar sirkulasi darah tetap lancar. dan ingat, jangan duduk dengan kaki disilangkan, karena berisiko terjadinya bekuan darah pada pembuluh darah di kaki.

gunakan pakaian yang longgar

menggunakan pakaian yang longgar dapat mencegah ibu hamil dari kegerahan dan mengalami kenaikan temperatur tubuh yang berlebih. jika terasa kurang, minum air putih atau gunakan kipas angin untuk menyejukan tubuh.

jangan mandi dengan air panas

mandi dengan air panas tentu tidak baik bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan temperatur atau suhu tubuh. usahakan mandi menggunakan air yang sesuai suhu ruangan.

jangan berbaring terlentang terlalu lama

berbaring terlentang terlalu lama dapat menyebabkan pembuluh darah ke jantung tertekan, sehingga sirkulasi darah terhambat. selain itu, berbaring terlentang juga bisa menyebabkan suplai oksigen ke janin berkurang. solusinya, berbaring menghadap ke sebelah kiri lebih aman dilakukan bagi ibu hamil.

tidak merokok ataupun menghisap asap rokok

berhenti merokok ketika hamil adalah tindakan yang sangat bijak. Selain berbahaya untuk janin dalam kandungan, asap rokok juga bisa menyebabkan pusing saat hamil.

baca juga: bahaya kista ovarium pada ibu hamil

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Penyebab Pusing Saat Hamil dan cara mengatasinya. jika pusing yang anda alami cukup sering hingga mengganggu aktivitas anda, disini admin selaku toko obat herbal pusat punya solusi pengobatan alami dengan mengkonsumsi Obat Herbal QnC Jelly Gamat.

Selain mengatasi pusing, QnC Jelly Gamat juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki banyak kandungan gizi yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sang janin saat dalam kandungan. tidak hanya itu, QnC Jelly Gamat juga terbuat dari bahan alami pilihan tanpa campuran kimia sedikitpun, sehingga sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. informasi selengkapnya silahkan klik : Khasiat QnC Jelly Gamat

posted by; https://www.pakarkista.com/

Penyebab Pusing Saat Hamil

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *