Penyebab Mual Setelah Makan

Penyebab Mual Setelah Makan – Makan tidak hanya bikin kita kenyang, tetapi juga membuat tubuh lebih bertenaga untuk menjalankan aktivitas keseharian. disisi lain, makan bisa jadi aktivitas yang menyebalkan, terutama bagi mereka yang sering mengalami mual setelah makan.

Penyebab Mual Setelah Makan

Tidak hanya mual, beberapa kalangan tersebut bahkan bisa mengalami gejala pusing, perut kembung, sakit perut, dan perasaan tidak enak badan. biasanya mual setelah makan terjadi akibat makan yang terlalu berlebihan, dan ini merupakan hal yang normal.

Namun, jika mual terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama bisa jadi itu merupakan indikasi dimana tubuh sedang mengalami gangguan.

Penyebab Mual Setelah Makan

berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan perut mengalami mual setelah makan.

Keracunan Makanan

mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi racun bisa menyebabkan perut terasa mual. selain mual, gejala lain akibat keracunan makanan adalah muntah, demam, dan diare.

GERD

GERD atau penyakit asam lambung kronis merupakan kondisi umum yang banyak dialami oleh masyarakat.

GERD terjadi ketika asam lambung atau isi lambung naik ke kerongkongan (refluks), kondisi ini bisa membuat kerongkongan menjadi teriritasi akibat sifat asam lambung. hal ini terjadi akibat cicin otot bagian bawah kerongkongan (sphincter) tidak menutup dengan baik, sehingga cairan asam lambung bisa naik menuju kerongkongan. selain mual, biasanya penderita GERD juga mengalami sensasi rasa terbakar di dada. baca juga: Obat Asam Lambung

risiko seseorang terkena GERD meningkat jika ia sering mengkonsumsi makanan pedas, asam, atau berlemak. adapun yang lainnya jika seseorang memiliki kondisi obesitas, merokok, atau sedang hamil.

Flu Perut

flu perut merupakan kondisi ketika sistem pencernaan mengalami infeksi. infeksi tersebut terjadi akibat mengkosumsi makanan yang mengandung bakteri atau virus, contohnya makanan yang tidak bersih atau tidak sehat. gejala umum akibat flu perut adalah mual dan muntah, diare, otot terasa sakit, demam, serta sakit kepala.

Konsumsi Alkohol

mengkonsumsi alkohol dapat membuat dinding lambung menjadi teritasi, hal tersebut bisa menyebabkan mual, perut kembung, muntah, dan nyeri perut bagian atas. selain alkohol, kopi dan merokok juga dapat memperburuk kondisi ini.

Tukak Lambung

tukak lambung atau lebih dikenal dengan sakit maag merupakan suatu gangguan pencernaan yang mengacu pada sekelompok gejala, seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, dan perut kembung.

Gejala yang tidak segera mendapat perawatan dan pengobatan yang tepat dapat menyebabkan luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari akibat infeksi bakteri ataupun penggunaan obat-obatan anti peradangan nonsteroid.

orang yang rentan terkena tukak lambung adalah orang yang sering merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Alergi Makanan

bagi beberapa kalangan, mengkonsumsi makanan tertentu dapat memicu mual setelah memakannya. mual yang disebabkan akibat alergi biasanya diiringi oleh gejala lain, seperti pembengkakan mulut serta gatal pada kulit.

Faktor Psikologis

mual setelah makan juga bisa terjadi karena faktor psikologis. mereka yang menderita bulimia dan stres adalah salah satu kalangan yang bisa mengalami mual setelah makan akibat faktor psikologis.

Kehamilan

sebagian wanita akan mengalami mual setelah makan ketika lagi hamil, terutama pada trimester pertama. kondisi ini diduga akibat adanya perubahan hormon dan fisik. bagi mereka yang mengalami kondisi ini sebaiknya jangan mengkonsumsi sembarang obat-obatan.

Bagaimana Cara Mencegah Mual setelah Makan?

jika anda sering mengalami mual setelah makan, anda bisa mencoba menerapkan beberapa langkah sehat untuk mengurangi ferkuensi munculnya rasa mual.

  • makan dalam porsi secukupnya secara perlahan-lahan
  • hindari minum ketika sedang makan, sebaiknya minumlah sebelum dan sesudah makan
  • setelah makan usahakan untuk tidak lansung bergerak atau beraktivitas, istirahatlah sejenak dalam posisi duduk
  • hindari makanan yang menyebabkan alergi
  • hindari makanan dan minuman yang dapat memicu GERD, seperti makanan berminyak, pedas, minuman berkarbonasi, dsb.
  • hindari minuman keras
  • berhenti merokok dan kurangi stres
  • minumlah ramuan obat tradisional untuk mengatasi mual, contohnya jahe. baca juga: cara membuat obat tradisional maag kronis
  • anda dapat mencegah gejala mual dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

itulah beberapa Penyebab Mual Setelah Makan yang bisa admin sampaikan. bagi anda yang sering mengalami mual setelah makan, kami sarankan untuk segera mengkonsumsi Obat Mual QNC Jelly Gamat.

QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal multikhasiat yang mampu membantu mengatasi gejala mual akibat masalah sistem pencernaan. obat herbal ini terbuat dari 99% bahan alami tanpa campuran kimia, sehingga sangat aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek ketergantungan atau efek samping. baca selengkapnya: Obat Mual QnC Jelly Gamat

posted by: https://www.pakarkista.com/

Penyebab Mual Setelah Makan

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *