Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas – Tubuh kita secara alami mengalami proses pembaharuan kulit (deskuamasi) dengan mengelupaskan dan menghilangkan sel-sel kulit mati tanpa ada masalah. meski ini adalah fenomena alami, namun pengelupasan kulit juga bisa mengindikasikan adanya masalah pada kulit.

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Kulit wajah adalah salah satu lokasi yang paling sering mengalami masalah. selain jerawat dan komedo, beberapa orang juga sering mengalami masalah kulit wajah mengelupas yang disertai gejala rasa gatal, perih, kulit kering, memerah, dan ruam. biasanya hal tersebut terjadi akibat reaksi kulit terhadap zat-zat yang dapat merusak dan mengiritasi kulit. namun, adapun beberapa penyebab lainnya yang bisa memicu kulit wajah mengelupas, diantaranya:

Terbakar sinar matahari

sering terkena sinar matahari dapat membuat kulit wajah mengelupas. menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Medical Center di New York City, “sinar ultraviolet dari matahari benar-benar dapat mematikan sel-sel kulit”. sinar ultraviolet memiliki gelombang dan energi yang memberikan pengaruh besar terhadap kerusakan kolagen dan elastin, dimana kolagen dan elastin ini bertanggung jawab terhadap kekuatan dan elastisitas kulit.

Obat-obatan

beberapa obat-obatan tertentu seperti krim retinoid yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan, dan mencerahkan flek-flek coklat dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas. krim ini bekerja dengan mendorong sel-sel kulit untuk mati dan beregenerasi, sehingga lapisan kulit wajah paling luar mengelupas guna membuka jalan untuk tumbuhnya sel-sel kulit baru.

obat topikal lainnya seperti benzoil peroksida, antibiotik golongan sulfa, dan asam salisilat dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas, terutama pada kulit sensitif.

Kulit kering

ketika kulit kering, sel-sel kulit akan terasa kasar dan mulai mengelupas atau terkelupas. sementara suhu dingin adalah salah satu penyebab paling umum kulit kering. adapun faktor lain yang bisa menyebabkan kulit terkelupas atau mengelupas adalah jika ia tinggal di daerah dengan tingkat kelembaban rendah, terus-menerus bersentuhan dengan air, dan menggunakan krim yang mengandung zat keras atau sabun keras juga dapat menyebabkan kulit kering.

Kondisi kulit

kondisi kulit tertentu seperti dermatitis seboroik dan eksim dapat menyebabkan kulit di wajah terkelupas. keduanya adalah kondisi kulit inflamasi kronis yang tidak memiliki obat yang diketahui. Namun, gejalanya dapat dikontrol melalui pelembaban yang tepat. baca juga: Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan es batu

Alergi

kulit wajah mengelupas mungkin juga merupakan hasil dari reaksi alergi terhadap bahan-bahan dalam kosmetik, produk perawatan kulit, produk rambut, atau cat kuku. misalnya, reaksi alergi terhadap cat kuku dapat menyebabkan kulit di sekitar mata terkelupas. sementara itu, bahan kosmetik yang sering memicu kulit wajah mengelupas adalah pengawet seperti parabens.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

untuk mengatasi kulit wajah mengelupas, perawatan biasanya disesuaikan oleh penyebabnya. akan tetapi, pada umumnya perawatan kulit wajah mengelupas bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:

  • kompres kulit wajah dengan air dingin
  • banyak minum air putih
  • mengoleskan pelembab secara rutin, terutama setelah mandi

jika cara diatas kurang begitu efektif, perawatan juga bisa dengan menggunakan masker wajah dari QnC Jelly Gamat.

QnC Jelly Gamat adalah obat herbal multikhasiat yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit wajah mengelupas. di dalamnya terdapat beberapa kandungan gizi seperti kolagen, protein, dan senyawa alami yang dapat meregenerasi sel kulit 3 kali lebih cepat dan efektif.

Testimoni QnC Jelly Gamat untuk Wajah

Penyebab Kulit Wajah MengelupasPenyebab Kulit Wajah MengelupasPenyebab Kulit Wajah Mengelupas

untuk informasi selengkapnya silahkan klik: Khasiat QnC Jelly Gamat untuk Kulit Wajah

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang Penyebab Kulit Wajah Mengelupas, silahkan share jika artikel ini bermanfaat. baca juga: Manfaat jeruk nipis untuk bibir

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *