Penyebab Ketiak Gatal

Penyebab Ketiak Gatal – Ada banyak alasan bagi seseorang jika mengalami ketiak gatal yang seringkali muncul tanpa tanda-tanda ruam. secara garis besar, ketiak gatal bukanlah kondisi serius, tetapi ini adalah masalah yang cukup mengganggu terutama jika sedang berada di tempat yang ramai.

Penyebab Ketiak Gatal

Ketiak adalah area tubuh yang cukup sering mengalami masalah. ketiak terletak di bawah sendi bahu dan disana terdapat beberapa pembuluh darah, kelenjar getah bening, folikel rambut, dan kelenjar keringat.

Sebagian orang bisa mengalami ketiak gatal yang tidak tertahankan tanpa adanya ruam. ruam ketiak bisa membuat kulit tampak putih dan bersisik atau bergelombang dan kemerahan. selain itu, ruam ketiak juga bisa berlangsung beberapa jam hingga beberapa bulan. namun, ruam biasanya dapat mudah diobati dengan pengobatan rumah.

Sebelum anda mengobati ketiak gatal, penting untuk mengetahui apa saja penyebab ketiak gatal guna mencegah ruam gatak terjadi kembali.

Penyebab Ketiak Gatal

dermatitis atopik

kulit ketiak gatal dapat disebabkan oleh dermatitis atopik atau yang lebih dikenal dengan eksim. eksim ini sering terjadi di area lipatan tubuh, termasuk di bagian belakang lutut, bagian dalam siku, atau di ketiak. gatal di ketiak ini biasanya ditandai dengan kulit berwarna merah, gatal, dan kulit terasa kasar. jika terlalu sering menggaruk ketiak gatal akibat eksim, maka ia dapat menyebabkan kulit berdarah dan terkadang muncul cairan bening.

dermatitis seboroik

selain dermatitis atopik, ketiak gatal juga bisa disebabkan oleh dermatitis seboroik. dermatitis seroboik adalah iritasi kulit yang disebabkan sebagian oleh kelebihan produksi sebum, atau minyak kulit. berbeda dengan eksim, dermatitis seboroik muncul dalam serpihan atau sisik berminyak berwarna putih atau kuning. kondisi ini biasanya muncul di kulit kepala, telinga, wajah, dan ketiak.

dermatitis kontak

kulit ketiak gatal bisa disebabkan oleh dermatitis kontak. dermatitis kontak dapat terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan bahan tertentu sehingga menyebabkan kulit kemerahan, melepuh, kering, dan pecah-pecah. biasanya, dermatitis kontak di ketiak disebabkan oleh penggunaan losion, deodoran, minyak wangi, bahan tertentu dari pakaian yang dikenakan, hingga penggunaan deterjen yang dipakai untuk mencuci baju.

candida

candida atau candidiasis pada dasarnya adalah infeksi jamur. infeksi jamur ini paling sering terjadi pada area kulit yang lembab, termasuk di ketiak. infeksi jamur ini dapat menyebabkan pembengkakan, gatal, dan ruam merah. infeksi candida dapat memburuk jika dalam cuaca yang panas, dibawah pakaian ketat, atau karena kebersihan yang buruk.

pencukuran tidak tepat

mencukur bulu ketiak dengan menggunakan pisau cukur yang tumpul, tidak menggunakan foam, atau terlalu sering mencukur dapat menyebabkan tusukan rambut yang gatal di bawah ketiak. untuk itu, selalu perhatikan alat pencukur yang akan anda gunakan untuk mencukur bulu ketiak.

miliaria rubra

miliaria rubra adalah kondisi umum akibat iklim panas dan lembab yang bisa menyebabkan kulit ketiak gatal. kondisi ini biasanya disebabkan oleh kelenjar keringat yang tersumbat dengan keringat yang terperangkap.

psoriasis

Psoriasis adalah gangguan autoimun yang menyebabkan kulit menjadi merah, bersisik, dan gatal. Jika psoriasis terjadi di ketiak, itu dapat berkontribusi untuk gatal.

kehamilan

meski jarang, namun masih ada kemungkinan beberapa wanita hamil akan mengalami ketiak gatal yang dapat dikaitkan dengan perubahan hormon. kondisi kulit selama kehamilan juga dapat menyebabkan ketiak gatal.

intertrigo

intertrigo merupakan iritasi dan infeksi kulit yang dapat menyebabkan gejala gatal, kemerahan, dan kulit terasa perih.

Cara Meredakan Ketiak Gatal

untuk mengatasi ketiak gatal, pengobatan biasanya perlu disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. sementara itu, cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala gatal di ketiak bisa dengan mengompres dingin menggunakan es batu, mandi air hangat, mengoleskan minyak kelapa, dan usahakan untuk tidak menggaruk ketiak yang gatal agar terhindar dari risiko infeksi.

selain itu, hindari penggunaan pakaian ketat yang terbuat dari materi sintetis dan penggunaan deodoran atau produk kulit lain yang bisa memicu ruam.

demikian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Penyebab Ketiak Gatal. bagi anda yang memiliki masalah kulit ketiak gatal yang sering kambuh atau tidak kunjung membaik, disini admin selaku toko obat herbal pusat punya solusi pengobatan yang terbukti ampuh atasi masalah kulit ketiak gatal, yaitu dengan Walatra Propolis Brazil.

Walatra propolis Brazil dapat membantu mengatasi gejala rasa gatal dengan menghambat histamin yang diproduksi tubuh. histamin adalah zat kimia yang menjadi pemicu reaksi alergi. selain itu, berkat kandungan senyawa alaminya, propolis walatra juga dapat mempercepat proses pemulihan kulit akibat kerusakan dan menghilangkan bekas luka yang menghitam. untuk informasi selengkapnya silahkan klik: Walatra Propolis Brazil

posted by: https://www.pakarkista.com/

Penyebab Ketiak Gatal

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *