Penyebab Haid Telat

Penyebab Haid Telat – Mengalami telat haid saat tidak sedang hamil merupakan kondisi umum yang cukup sering dialami oleh sebagian perempuan. selain karena faktor kehamilan, telat haid bisa terjadi akibat hormon yang tidak seimbang atau kondisi medis yang serius.

Namun, ada saat dimana seorang perempuan mengalami haid yang tidak teratur dan itu adalah sesuatu yang normal, yaitu ketika pertama kali haid dan ketika menopause dimulai. selain itu, mentruasi tidak teratur juga bisa terjadi ketika seorang perempuan melewati fase transisi yang disebut perimenopause selama beberapa tahun sebelum memasuki menopause.

Penyebab Haid Telat

Siklus haid yang normal adalah setiap 21-35 hari dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. namun, ada juga saat-saat di mana seorang perempuan mengalami menstruasi terlambat. Jika haid mundur dari waktu biasa, maka kemungkinan itu bisa disebabkan oleh beberapa alasan berikut ini:

Stres

stres dapat mempengaruhi hormon dan bagian otak (hipotalamus) yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus haid. selain itu, stres juga dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis atau menyebabkan beberapa penyakit.

jika anda pikir stres adalah penyebab siklus haid anda telat, cobalah untuk berlatih teknik relaksasi dan lakukan perubahan gaya hidup.

Berat badan turun

haid terlambat bisa dialami oleh perempuan yang memiliki berat badan rendah akibat gangguan makan, ini termasuk anoreksia nervosa atau bulimia. berat 10 persen dibawah berat yang seharusnya dapat mengubah fungsi tubuh dan menghentikan ovulasi. adapun, perempuan yang sering ikut dalam olahraga ekstrim seperti maraton dapat menghentikan menstruasi.

Obesitas

sama halnya seperti berat badan rendah, obesitas atau berat badan berlebih juga dapat menyebabkan perubahan hormon yang bisa mempengaruhi siklus haid.

PCOS (sindrom ovarium polikistik)

PCOS merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon androgen. jika hal ini terjadi, maka kista akan terbentuk di ovarium dan membuat ovulasi menjadi tidak teratur atau menghentikannya.

selain hormon androgen, hormon insulin juga bisa mengalami ketidakseimbangan. kondisi ini disebabkan oleh resistensi insulin yang berhubungan dengan PCOS. baca juga: Kista ovarium pada ibu hamil

Masalah tiroid

tiroid yang terlalu aktif atau sebaliknya dapat menjadi faktor penyebab siklus haid yang tidak teratur atau tidak sama sekali. kelenjar tiroid ini bekerja mangatur berbagai sistem metabolisme tubuh kita, sehingga ketika tiroid mengalami masalah, maka hormon juga bisa terpengaruh.

Penyakit kronis

perubahan siklus haid dapat dipengaruhi oleh beberapa penyakit kronis termasuk diabetes dan penyakit celiac. perubahan kadar gula darah terkait dengan perubahan hormon dapat menyebabkan haid tidak teratur, terutama bagi mereka yang tidak mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Alat kontrasepsi

seseorang mungkin mengalami perubahan siklus haid ketika melanjutkan atau mematikan KB. pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progestin dapat mencegah ovarium melepaskan telur, sehingga ini akan mempengaruhi siklus mesntruasi. selain pil KB, jenis kontrasepsi lain yang di tanamkan atau disuntikan juga dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat. baca juga: Penyebab nyeri saat berhubungan seksual

Menopause dini

Sebagian besar wanita mulai mengalami menopause antara usia 45-55 tahun. jika seseorang mengalami gejala sekitar usia 40 tahun atau lebih awal, maka ia dianggap mengalami menopause dini yang berati persediaan telur sedang berkurang atau berakhir,  hasilnya menstruasi terlambat hingga berakhir sama sekali.

Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi yang tidak teratur juga bisa terjadi akibat tubuh memproduksi lebih banyak hormon yang disebut hormon prolaktin. hormon ini biasanya diproduksi ketika wanita sedang menyusui.

baca juga: Penyebab haid tidak lancar atau sedikit

Itulah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Penyebab Haid Telat, jika anda sering mengalami menstruasi terlambat lebih dari beberapa kali, disini admin selaku toko obat herbal pusat punya solusi pengobatan yang terbukti ampuh mampu membantu mengatasi penyebab haid yang tidak teratur atau telat, yaitu dengan Walatra Bersih Wanita. informasi selengkapnya silahkan klik Walatra Bersih Wanita

Penyebab Haid Telat

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *