Mengenal Gejala Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia

Mengenal Gejala Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia – Cacing pita atau cestodes merupakan salah satu jenis cacing parasit yang dapat hidup di tubuh manusia. mereka memiliki tubuh bertekstur rata menyerupai pita dan memiliki ruas-ruas pada tubuhnya.

Mengenal Gejala Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia

Cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi larva atau telur cacing pita.

Telur cacing pita yang masuk ke dalam sistem pencernaan dapat menetas dan berkembang hingga menyebabkan infeksi di usus. disisi lain, jika telur cacing pita keluar dari saluran pencernaan, ia dapat memasuki jaringan tubuh atau organ lain hingga menyebabkan infeksi yang bersifat invasif. baca juga: Jenis-jenis Cacing yang bisa Hidup di Tubuh Manusia

Mengenal Gejala Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia

Umumnya infeksi cacing pita tergolong ringan, namun infeksi cacing yang bersifat invasif akibat keluar dari saluran pencernaan, bisa memicu komplikasi yang cukup berbahaya.

Terkadang, orang yang terkena infeksi cacing pita tidak merasakan adanya gejala sama sakali. beberapa gejala nya meliputi mual, sakit perut, tubuh melemah, nafsu makan hilang, diare, berat badan turun dan menurunnya kemampuan tubuh menyerap nutrisi makanan.

Ketika cacing pita menginfeksi usus, bagian kepala mereka tetap menempel pada dinding usus sementara tubuhnya terus bertambah panjang dan memproduksi telur.

Disisi lain, gejala infeksi cacing pita yang bersifat invasif kemungkinan dapat menimbulkan kerusakan organ dan jaringan dalam. gejala nya bisa berupa demam, munculnya kista, reaksi alergi, infeksi bakteri, hingga gangguan saraf termasuk kejang-kejang.

Cara Mencegah Penyebaran Cacing Pita

Mencegah penyebaran cacing pita atau jenis cacing lainnya sangatlah penting dilakukan. anda bisa mulai dengan cara yang sederhana seperti membiasakan mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun sebelum memasak ataupun makan.

Selain itu, beberapa hal lain yang perlu di perhatikan adalah:

-bekukan daging merah pada suhu -20 derajat celcius selama 24 jam sebelum di masak. cara ini bertujuan untuk membunuh telur cacing pita yang mungkin bersarang pada daging merah tersebut.

-pilihlah daging merah atau ikan yang masih segar, kemudian masak hingga matang. usahakan diamkan dahulu selama tiga menit sebelum anda memakannya. jangan lupa juga simpan masakan di tempat yang rapat agar tidak dihinggapi lalat.

-jika anda memiliki hewan peliharaan termasuk anjing, atau kucing pastikan anda memeliharanya dengan baik. hindari kontak langsung jika hewan peliharaan anda diketahui mengalami infeksi cacing pita.

Infeksi cacing pita terkadang tidak menimbulkan gejala khas yang disadari. jika anda mencurigai atau mengalami hal tersebut, anda bisa mengobatinya secara alami dengan obat herbal propolis brazil. obat herbal ini dapat membunuh aktivitas cacing-cacing yang telah lama menginfeksi tubuh. informasi selengkapnya silahkan klik: Propolis Brazil Walatra

Mengenal Gejala Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *