Makanan Sehat dari Laut

Makanan Sehat dari Laut – Beruntunglah bagi Anda yang suka mengkonsumsi seafood atau makanan laut terutama ikan, selain rasanya yang lezat ikan laut merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik bagi tubuh kita. Kandungan gizi yang tinggi dalam ikan terutama ikan salmon, sarden dan tuna sangat baik jika dikonsumsi setiap hari. Selain itu ikan juga mengandung banyak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak dan kesehatan tubuh.

Jenis Makanan Sehat Yang Berasal Dari Laut

Makanan Sehat dari LautTidak dapat dipungkiri selain kandungan gizi dan protein dalam ikan, ikan juga ternyata mengandung zat logam yang berbahaya bagi kesehatan jika kita tidak pintar memilih jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi. Nah berikut ini akan kami bahas beberapa Jenis Makanan Sehat Yang Berasal Dari Laut sebelum mengkonsumi makanan laut agar Anda dan keluarga tetap mendapatkan manfaat serta terhindar dari bahaya merkuri dalam ikan.

1. Tuna Albacore

Ikan tuna yang berwarna putih ini berbeda dengan ikan tuna pada kebanyakan, dimana ikan tuna biasanya memiliki kandungan merkuri cukup tinggi namun tidak dengan jenis ikan ini. Ikan yang biasa kita jumpai dalam bentuk kalengan ini memiliki ukuran lebih kecil dari jenis ikan tuna lainnya, Ikan ini cenderung memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi. Ikan tuna albacore biasa hidup di wilayah utara yang memiliki iklim dan suhu dingin.

2. Salmon Liar

Ikan Salmon yang diperoleh dari hasil tangkapan terutama di daerah Alaska termasuk jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri sangat rendah, bisa dikatakan sebagai ikan terbersih dari zat berbahaya. Ikan yang bersih dari merkuri mengandung omega 3 kurang lebih sebanyak 1.210 mg dalam ukuran 3 ons sajiannya.

3. Kerang

Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini, bentuknya yang unik dan memiliki cangkang yang keras ini ternyata sangat baik bila dikonsumsi. Terutama kerang yang dihasilkan dari peternakan sendiri. Kandungan omega-3 dalam 3 ons sajian daging kerang terdapat hampir 300 mg omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan zat besi dalam daging oysters atau kerang sudah dapat memenuhi sepertiga kebutuhan harian zat besi kita. Karena kerang hanya memakanan makanan yang berasal dari ganggang air dan nutrisi alami, kerang sangat berkontribusi dalam melestarikan lingkungan terutama air yang ditempatinya.

Hal yang perlu diperhatikan jangan mengkonsumsi kerang tanpa dimasak terlebih dahulu sebab dikhawatirkan dapat membawa bakteri dan penyakit yang berbaya bagi tubuh kita.

4. Ikan Sarden

Jenis ikan yang sangat mudah didapatkan ditempat perbelanjaan ini selain harganya murah, ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam ikan sarden sekitar 1.950 mg omega-3 dari setiap sajian per 3 ons. Ikan ini memiliki kandungan omega-3 lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan tuna dan salmon. Selain itu, ikan ini juga mengandung Vitamin D yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan tulang kita. Ikan yang sangat mudah berkembang biak ini dikelompokkan kedalam jenis ikan herring

5. Troit Pelangi

Jenis Ikan yang selanjutnya adalah ikan troit pelangi, namun bukan ikan troit biasa melainkan ikan troit hasil ternak yang dikembangkan didalam air tawar. Ikan yang diperoleh dari hasil pengembangan air tawar jauh lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan ikan troit yang diperoleh dari laut secara langsung. Sebab ikan yang diternakan lebih terjaga makanan dan tempat tinggalnya.

6. Salmon Air Tawar

Jenis ikan yang terakhir adalah ikan salmon air tawar, yaitu jenis ikan yang dipelihara dan dikembangkan dalam peternakan tangki. Jenis ikan ini memiliki kandungan omega 3 sekitar 1.025 mg persajian dalam 3 ons. Ikan yang dikenal dengan sebutan ikan Coho ini lebih baik jika dibandingkan dengan ikan salmon liar yang diperoleh di Alaska

Dan itulah beberapa Jenis Makanan Sehat Yang Berasal Dari Laut, semoga dapat menambah wawasan Anda dalam memilih dan menyajikan menu sehat untuk keluarga Anda. Semoga bermanfaat.

baca juga:

posted by: https://www.pakarkista.com

Makanan Sehat dari Laut

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *