Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa – Bau mulut merupakan masalah yang kerap terjadi pada saat puasa. Bau mulut yang terjadi ketika berpuasa bisa mengganggu kenyamanan, menjadi hambatan dan bisa membuat minder dalam pergaulan. Padahal, ketika bulan Ramadhan tiba, seluruh umat Muslim di dunia harus menjalankan puasa selama sebulan penuh. Lalu bagaimana jadinya jika masalah bau mulut ini tidak bisa diatasi?

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Dalam istilah medis, bau mulut yang tak sedap disebut halitosis. Banyak hal yang bisa menyebabkan bau mulut, diantaranya adalah karena penyakit, akibat merokok, gangguan ginjal dan penyakit dalam. Faktor lain yang bisa menyebabkan bau mulut yaitu akibat adanya bakteri yang berkembang di mulut. Terlebih saat puasa, kita tidak makan dan minum selama berpuasa sehingga menyebabkan mulut kering. Kondisi ini akan menyebabkan bakteri penyebab bau mulut semakin mudah berkembang. baca juga obat untuk bau mulut: Walatra propolis brazil

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa harus dilakukan dengan benar. Jika bau mulut bisa hilang, ibadah puasa juga akan terasa lebih menyenangkan. Untuk dapat mengatasinya, sebisa mungkin dengan meminimalisir penyebab bau mulut saat puasa.

Cara mencegah bau mulut

  • Jagalah kebersihan gigi dan mulut. Gosok gigi dan bersihkan lidah dengan benar, bersihkan sela-sela gigi dengan benar gigi agar sisa makanan tidak menjadi sarang berkembangnya kuman/bakteri. Hati-hati ketika menggunakan cairan pembersih mulut, jangan gunakan cairan untuk mengobati bau mulut dengan kandungan alcohol di atas 25% karena bisa menyebabkan kanker rongga mulut. baca juga: obat sariawan
  • Memeriksakan gigi secara rutin sangat penting dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Ini sangat baik jika dilakukan menjelang memasuki bulan Ramadhan untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa. Anda juga perlu membersihkan karang gigi, sebab karang gigi yang berada di mulut juga bisa menjadi penyebab bau mulut selama menjalani ibadah puasa.
  • Perbanyak mengonsumsi buah ketika berbuka maupun makan sahur. Buah yang dikenal memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut saat puasa yaitu buah apel, wortel dan bengkuang. Minum teh hijau juga baik dilakukan saat berbuka atau makan sahur, teh hijau mempunyai kandungan aktif catechin yang berperan menghilangkan plak serta membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Untuk dapat mencegah bau mulut saat berpuasa, perlu juga untuk banyak minum air putih selama waktu berbuka. Aturlah asupan air putih dari dari mulai berbuka hingga saat waktu sahur. Minumlah air putih paling tidak sebanyak 8 gelas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketika berpuasa.
  • Yoghurt juga baik dikonsumsi sebagai makanan buka puasa. Yoghurt dapat memelihara pencernaan agar bekerja lebih baik dan mengatasi bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut tersebut semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Jika bisa berpuasa tanpa bau mulut, maka ibadah puasa yang dijalankan akan sangat menyenangkan. baca juga: Tips berpuasa bagi pekerja berat

posted by: https://www.pakarkista.com/

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *