Bahaya Tidur Tepat Setelah Makan

Bahaya Tidur Tepat Setelah Makan

Meskipun gagasan untuk tidur setelah makan tampaknya menyenangkan, namun ada alasan bagus untuk tidak melakukan hal itu. Ketika Anda berbaring telentang di tempat tidur Anda, tubuh Anda mengalami kesulitan untuk mencoba memproses apa yang baru saja Anda makan, yang mungkin menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga stroke.

Tidur tepat setelah makan dan risiko kesehatan

Mulas

Heartburn , seperti namanya, adalah sensasi terbakar yang dimulai di perut Anda dan menyebar ke dada dan tenggorokan Anda. Hal ini disebabkan oleh kadar asam lambung yang berlebihan – akibat tidur tepat setelah makan.

Refluks asam

Refluks asam terjadi ketika katup antara lambung dan esofagus tidak menutup dengan benar, memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke tenggorokan Anda. Berbaring setelah makan dapat memicu kondisi ini. Jika refluks asam menetap, selaput lendir Anda mungkin rusak oleh asam lambung.

Stroke

Penelitian menunjukkan bahwa tidur tepat setelah makan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke. Para peneliti mempelajari 500 orang sehat, separuhnya pernah mengalami stroke dan separuh lainnya mengalami sindrom koroner akut. Orang yang memiliki waktu tunggu terlama antara makan dan tidur paling mungkin mengalami stroke. Meskipun penelitian tidak dapat memberikan alasan yang tepat untuk asosiasi, para peneliti percaya bahwa asam lambung mungkin memiliki peran. Refluks asam dapat menyebabkan apnea tidur, yang berhubungan dengan stroke. Juga, proses pencernaan berdampak pada tekanan darah seseorang, gula darah dan kadar kolesterol, yang semuanya berkontribusi pada risiko stroke.

Jadi berapa lama saya harus menunggu?

Sistem pencernaan Anda mungkin membutuhkan waktu hingga 3 jam untuk memproses makanan secara penuh. Jadi, cobalah tetap terbangun beberapa jam setelah Anda makan. Setelah makanan ditangani, Anda mungkin akan tidur lebih nyenyak.

Apa lagi yang sebaiknya tidak saya lakukan setelah makan?

Merokok

Studi menunjukkan bahwa rokok yang dihisap setelah makan dapat menimbulkan risiko 10 kali lebih tinggi. Merokok setelah Anda baru saja makan sangat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Mandi

Mandi setelah makan terbukti menyebabkan masalah pencernaan. Ketika Anda mandi, darah Anda ditarik ke tubuh, tangan, dan kaki Anda, sehingga mengambil darah yang diperlukan untuk pencernaan. Jika Anda benar-benar ingin mandi, tunggu setidaknya 40 menit.

Makan buah

Buah-buahan harus dimakan satu hingga dua jam sebelum makan. Jika Anda makan buah setelah makan, perut Anda bisa kembung.

Minum teh

Keasaman teh dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Asam dalam teh membuat protein sulit dicerna. Minum teh setelah makan juga mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi dengan benar.

baca juga:

posted by: https://www.pakarkista.com

Bahaya Tidur Tepat Setelah Makan

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *