7 Kesalahan Dalam Menurunkan Berat Badan

7 Kesalahan Dalam Menurunkan Berat Badan – Ada beragam cara yang orang lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari melakukan diet ketat hingga cara-cara yang ‘menyakitkan’ yang justru dapat berakibat serius bagi kesehatan. Banyak orang terlalu fokus melakukan diet dengan cara yang justru membahayakan kesehatan mereka.

7 Kesalahan Dalam Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah tujuh kesalahan yang harus Anda hindari dalam menurunkan berat badan.

1. Mengurangi Kalori Dalam Jumlah Yang Besar

Pengurangan banyak kalori memang sangat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Tetapi hilangnya banyak kalori dapat menyebabkan turunnya metabolisme tubuh. Hal tersebut juga menyebabkan perubahan lemak tubuh ke kadar lemak yang lebih tinggi. Hal ini akan meningkatkan risiko sindrom metabolis dan diabetes tipe 2. Jangan mengurangi kalori hingga 1.200 per harinya, kecuali jika benar-benar dianjurkan secara medis. Sebaliknya, Anda harus berusaha untuk mendapatkan gizi yang cukup sebagai sumber energi dan penghilang rasa lapar. Ingatlah bahwa ketika berat badan turun dengan cepat, Anda mungkin sedang dalam risiko untuk menaikkannya lagi suatu hari nanti tetapi dengan konsumsi lemak yang lebih banyak. Hal ini mungkin terjadi terutama jika Anda berusia lebih dari 50 tahun.

2. Mengonsumsi Suplemen Yang Salah

Tidak seperti pembuat obat yang dikonsumsi berdasarkan resep, perusahaan pembuat suplemen tidak harus membuktikan bahwa produk suplemen mereka aman atau efektif sebelum mereka menjualnya di pasaran. Bahkan produk yang diklaim natural pun tidak perlu dibuktikan apakah aman dan baik bagi Anda. Maka konsumsilah suplemen yang benar.

Jika Anda berpikir untuk mengonsumsi produk penurun berat badan, cobalah bertanya terlebih dulu. Akan lebih baik apabila Anda memilih produk yang sudah terbukti dapat berhasil menurunkan berat badan.

3. Detox

Detox memang dapat dengan cepat menurunkan berat badan yang diakibatkan banyaknya jumlah air dalam tubuh. Tetapi di sisi lain, detox berlebihan dapat menjadi berbahaya. Detox mengakibatkan risiko dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, dan sebagainya.

Kehilangan banyak cairan tanpa pengawasan medis sangatlah berisiko. Apalagi jika terjadi saat sedang berpuasa, akan lebih berisiko. Tubuh kita secara alamiah dapat mendetoksifikasi dan membuang racun. Sehingga detox berlebihan tidak diperlukan, karena detox yang berlebihan justru dapat menyebabkan komplikasi dan gangguan sistem metabolisme tubuh

Daripada melakukan detox berlebihan, lebih baik Anda fokus pada apa yang Anda makan. Jika Anda ingin mendetoks tubuh Anda, minumlah banyak air dan makanlah makanan yang mengandung kadar serat tinggi.

4. Obat Pencahar

Penyalahgunaan obat pencahar dapat membuat Anda muntah dan sering meludahkan makanan yang Anda kunyah. “Kebiasaan yang tidak sehat dan tidak aman ini adalah hal yang tidak biasa dilakukan di lingkungan. Ini merupakan contoh masalah kesehatan yang serius dan juga awal dari kekacauan makan (eating disorder).

Kadar asam dalam lambung sangatlah tinggi. Kadar asam yang tinggi diperlukan untuk percernaan dan penyerapan makanan. Zat makanan yang telah tertampung dalam lambung harus tetap berada di dalam lambung, tidak seharusnya dimuntahkan melalui tenggorokan dan mulut. Muntahan yang di dalamnya terdapat kadar asam yang tinggi dapat menyebabkan pengikisan pada dinding tenggorokan dan enamel gigi. Rutinitas mengonsumsi obat pencahar dapat meningkatkan risiko kanker tertentu dan kerusakan gigi. Penyalahgunaan obat pencahar juga dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi parah dan ketidakseimbangan elektrolit. Segala jenis obat pencahar adalah berbahaya. Tetapi yang paling berbahaya adalah sirup ipepac. Satu dosis sirup ipepac dapat memicu masalah jantung.

Apa pun jenis obat pencahar bukan merupakan jalan yang tepat untuk mengecilkan pinggang Anda. Makan dan minum yang sehat adalah cara yang jauh lebih baik untuk menurunkan berat badan.

5. Olahraga Ekstrem

Olahraga ekstrem terlihat sangat menantang dalam reality-show televisi. Tapi kenyataannya, olahraga jenis itu dapat menyebabkan masalah kesehatan. Olahraga ekstrem dapat membuat tubuh terasa sangat berat, meningkatkan risiko cedera, dehidrasi, dan ketidakseimbangan elektrolit. Secara psikologis, olahraga ekstrem merupakan bentuk penghukuman diri sendiri karena telah makan sangat banyak.

The American College of Sports Medicine dan American Heart Association merekomendasikan untuk berolahraga ringan paling tidak selama 30 menit, lima hari dalam seminggu. Bisa juga berolahraga yang sedikit lebih berat selama 20 menit, tiga hari dalam seminggu. Olahraga berat untuk melatih otot dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Beberapa orang berpikir untuk melakukan olahraga ekstrem. Padahal hal tersebut dapat mengontrol tubuh mereka tetapi dengan cara yang tidak sehat. Lakukanlah olahraga ringan yang Anda rasa nyaman untuk rutin melakukannya. baca juga: Cara membakar kalori dengan cepat

6. Obat Legal dan Ilegal

Mengonsumsi obat penurun berat badan selain yang direkomendasikan adalah sebuah kesalahan dengan konsekuensi yang berbahaya.

Risiko dari mungkin disebabkan oleh penyalahgunaan obat seperti kokain dan obat pelancar darah adalah gangguan kelenjar tiroid atau diabetes yang dapat menurunkan berat badan secara drastis sehingga menyebabkan gangguan kesehatan. Risiko yang ditimbulkan juga termasuk kecanduan, masalah finansial dan hubungan kekeluargaan, kecemasan, sakit kepala yang parah, stroke, gangguan hati, paru-paru, dan ginjal.

Mengonsumsi obat ilegal sangatlah tidak disarankan. Sementara mengonsumsi obat ilegal tanpa tujuan yang jelas dan pengawasan medis juga sangat berbahaya.

7. Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok menyebabkan risiko kesehatan yang tidak terhitung jumlahnya. Meskipun begitu, masih terdapat banyak orang, terutama remaja, yang berdiet dengan cara merokok. Nikotin telah terbukti sebagai zat penghilang nafsu makan. Tetapi risiko yang ditimbulkan oleh merokok lebih banyak daripada manfaatnya.

Merokok dapat membahayakan hampir setiap organ tubuh. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit kardiovaskular, gangguan pernapasan, dan penyakit-penyakit yang lain, serta menurunkan kesehatan orang yang merokok.

Penting! Jangan merokok untuk alasan apa pun, walaupun sekadar untuk menurunkan berat badan.

Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Pilihlah cara diet yang cocok dengan gaya hidup sehat. Cara yang terbaik adalah yang berhasil membuat Anda melakukannya dalam jangka waktu yang relatif lama. Gunakan akal sehat, berikanlah perhatian pada tubuh Anda, dan perhatikan apa yang Anda makan. baca juga: 9 Makanan penurun berat badan

posted by: https://www.pakarkista.com/

7 Kesalahan Dalam Menurunkan Berat Badan

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *