Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan – tidak banyak yang tahu bahwa ternyata kulit melinjo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. melinjo sendiri merupakan tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan terutama pada bagian daun untuk sayur asam dan biji untuk dijadikan emping.

Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Sementara kulit melinjo yang tebal dan berwarna merah, biasanya dibuang atau jarang dimanfaatkan. padahal menurut beberapa informasi, kulit melinjo ini memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kulit melinjo mengandung energi dalam bentuk kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. dalam setiap 100mg kulit buah melinjo terdapat 111 kkal energi, 4,5 gram protein, 1,1 gram lemak, 20,7 gram lemak, 117 mg kalsium, 179 mg fosfor, 2,6 mg zat besi, 0 IU vitamin , 0,07 mg Vitamin B1 dan 7 mg vitamin C.

Untuk mengetahui apa saja manfaat kandungan kulit melinjo bagi tubuh, berikut adalah 10 mafaat kulit melinjo bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Sebagai Antioksidan

kandungan vitamin C pada kulit melinjo berperan sebagai antioksidan yang sangat baik. antioksidan pada kulit melinjo bekerja dengan cara menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Sebagai sumber energi

kulit melinjo tidak hanya bermanfaat sebagai antioksidan, tetapi ia juga bisa menjadi sumber energi karena mengandung kalori yang cukup tinggi. selain itu, karbohidrat di dalamnya juga bisa membuat perut merasa kenyang dan tubuh menjadi lebih bertenaga.

Menjaga kinerja otot

kulit melinjo mengandung protein yang dapat menjaga dan memperbaiki kinerja otot. tidak hanya itu, kulit melinjo juga bisa membantu pembentukan masa otot jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Melancarkan peredaran darah

kandungan lemak pada kulit melinjo berupa lemak tak jenuh, dimana ia bisa melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi lemak jahat yang menghambat peredaran darah. tidak hanya itu, jika peredaran darah lancar, maka tubuh akan terhindar dari penyakit yang tergolong berbahaya, seperti hipertensi, stroke, atau serangan jantung.

Mencegah asam urat

kulit melinjo dapat mencegah penyakit asa urat dengan cara menurunkan kadar asam urat. hal ini diungkapkan oleh Profesor Subandi dari Jurusan Kimia, Universitas Negeri Malang, bahwa kuit melinjo bermanfaat untuk kesehatan tubuh. tidak hanya itu, Sri Wulandarai sebagai mahasiswa bimbingan Prof. Subandi juga menemukan bahwa senyawa pada kulit melinjo mampu menghambat xantin oksidase-enzim (pensitesis asam urat) sehingga mengkonsumsi kulit buah ini sangat ampuh mencegah asam urat. baca juga: cara membuat obat asam urat dari bahan alami

Menjaga kepadatan tulang dan gigi

kandungan fosfor dan kalsium pada kulit melinjo dapat memperkuat tulang dan gigi. sebagaimana kita tahu bahwa asupan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi adalah makanan yang kaya akan fosfor dan kalsium. baca juga: manfaat jeruk nipis untuk bibir

Memperbaiki penglihatan

kulit melinjo memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. kandungan tersebut mampu mempertajam penglihatan sekaligus menjaga mata tetap sehat.

Mencegah pikun

kandungan protein dan vitamin dalam kulit buah melinjo sangat baik untuk kesehatan otak. jika otak terjaga kesehatannya, maka otak juga akan mempertahankan fungsinya.

Mencegah anemia

kandungan zat besi pada kulit melinjo dapat mencegah anemia. kandungan zat besi pada kulit melinjo bekerja dengan cara membantu pembentukan sel darah merah.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan mineral yang ada pada kulit melinjo ini sangat baik untuk meningkatkan sel darah putih dan meningkatnya sel darah putih akan berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka yang semakin cepat. Berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat dan bekas luka akan teratasi dengan mengkonsumsi kulit melinjo ini.

Demikian sedikit informasi yang bisa admin berikan mengenai Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan. bagi anda yang memiliki daya tahan tubuh lemah, anda bisa mencoba mengkonsumsi Obat Herbal QnC Jelly Gamat. informasi selengkapnya tentang QnC Jelly Gamat silahkan klik: Khasiat QnC Jelly Gamat

Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *