Manfaat dan Efek Samping Bengkuang

Manfaat dan Efek Samping BengkuangManfaat dan Efek Samping Bengkuang – bengkuang adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk mengatur berat badan, melindungi sistem pencernaan, membantu mencegah kanker, diabetes, mengatur sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, merawat kesehatan tulang, dan baik bagi otak.

Di dalam bengkuang terdapat banyak nutrisi penting, bahkan ia menyediakan hampir seperempat kebutuhan serat harian anda. Selain itu, bengkuang juga merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dan potasium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Adapun kandungan lainnya seperti folat, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, tiamin dan mineral seperti tembaga, mangan, magnesium, zat besi, dan kabohidrat yang masing-masing bermanfaat bagi tubuh.

APA SAJA MANFAAT BENGKUANG?

1. Pembentukan bakteri baik

Serat yang hadir di bengkuang mengandung inunlin oligofructose. Serat ini memiliki nol kalori dan tidak dapat dengan mudah dimetabolisme di dalam tubuh. Inulin membantu pembentukan bakteri baik, sehingga dapat membantu mempertahankan keseimbangan sistem kekebalan tubuh dan usus besar yang sehat.

2. Bagus untuk pencernaan

Tingginya serat pada bengkuang dapat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, kandungan inulin oligofruktosa yang merupakan karbohidrat manis, inert yang tidak terurai menjadi gula sederhana. Hal ini memungkinkan penderita diabetes dapat mengonsumsi rasa manisnya bengkuang tanpa khawatir tentang kadar gula darah mereka.

3. Mengatur tekanan darah

Bengkuang adalah sumber potasium yang merupakan vasodilator yang baik. ini dapat membantu mengatur tekanan darah dengan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Dengan demikian dapat membantu menurunkan tekanan pada seluruh sistem kardiovaskular. Kalium pada bengkuang juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Bagus untuk otak

Vitamin B6 adalah nutrisi yang membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan fungsi otak. Vitamin B6 juga membantu memecah semua protein tubuh menjadi protein dan asam amino lain yang membantu meningkatkan proses metabolisme dan fungsi berbagai organ. Jadi, memasukan bengkuang dalam menu makan dapat membantu meningkatkan fungsi otak Anda.

5. Membantu menurunkan berat badan

Penting bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan untuk memasukkan makanan yang rendah kalori dalam makanan mereka. Bengkuang rendah kalori tetapi kaya nutrisi. Ini juga mengandung kandungan serat yang membuat anda merasa cepat kenyang, sehingga mencegah makan berlebihan.

6. Mengurangi risiko masalah kardiovaskular

Bengkuang telah membuktikan sifat anti-homocysteine ​​dan membantu menurunkan tingkat asam amino. Homocysteine ​​adalah salah satu asam amino yang bertanggung jawab untuk menyebabkan penyakit jantung dan ginjal. Dengan menurunkan kadar homocysteine, bengkuang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

7. Membantu memperbaiki sirkulasi darah

Tembaga dan zat besi, dua elemen penting dari sel darah merah, ditemukan dalam bengkuang. Mereka membantu menjaga sirkulasi darah yang tepat melalui pembuluh darah. Bengkuang membantu pembentukan sel darah merah dan dengan demikian membantu untuk mencegah anemia dan merangsang berfungsinya organ-organ tubuh.

8. Memperbaiki suasana hati

Bengkuang memiliki Vitamin-B6 yang memiliki efek langsung pada pemancar yang bertanggung jawab untuk mengendalikan suasana hati. Mereka membantu dalam mencegah depresi, kecemasan, kelelahan dan rasa sakit. Jadi mengkonsumsi bengkuang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B6 dan dengan demikian meningkatkan suasana hati.

9. Menjaga kesehatan tulang

Bengkuang kaya akan mineral seperti mangan, magnesium, besi dan tembaga yang membantu meningkatkan kepadatan tulang anda. Jadi mengonsumsi bengkuang dapat membantu menjaga tulang anda tetap kuat dan mencegahnya dari kerusakan. baca juga: Walatra sehat sendi

10. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin C , yang merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita, hadir dalam jumlah yang baik dalam bengkuang. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang memungkinkannya untuk melawan penyakit yang menyebabkan radikal bebas dalam tubuh kita dan mencegah timbulnya kanker dan penyakit jantung. Vitamin C membantu mencegah penyakit akibat bakteri, virus, patogen dan jamur. baca juga: QnC Jelly Gamat

Efek Samping Bengkuang

Selain akar, bagian lain dari tanaman bengkuang seperti daun, batang dan bunga mengandung zat beracun yang disebut rotenone. Jadi disarankan untuk tidak mengonsumsi apa pun selain akar. bengkuang mengandung serat yang sangat besar dan konsumsi yang berlebihan menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan sakit perut. Tidak disarankan bagi orang untuk makan kulit terluar dari bengkuang karena mengandung senyawa yang sangat beracun.

baca juga: Manfaat kulit melinjo bagi kesehatan

posted by: pakarkista.com

Manfaat dan Efek Samping Bengkuang

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *