Gangguan Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa

Gangguan Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa – Ada beberapa jenis gangguan penyakit yang bisa muncul saat puasa. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, diharapkan penyakit tersebut tidak akan muncul ketika menjalankan ibadah puasa sebulan penuh pada Ramadhan ini.

Gangguan Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa

Gangguan Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa

Ketika berpuasa, kurang lebih tubuh tidak mendapat asupan makanan atau minuman selama kurang lebih 14 jam. Tentu tubuh akan merasa haus dan lapar serta lemah. Akan tetapi, jika mensiasati dengan baik maka segala permasalahan tersebut tidak akan terjadi.

Agar vitalitas tubuh bisa terjaga selama berpuasa, maka kita harus mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Jika kondisi tubuh menurun, bisa saja kita terserang beberapa gangguan penyakit ketika berpuasa. Penyakit yang muncul saat puasa ini disebabkan akibat pola makan saat sahur dan berbuka yang kurang benar.

Penyakit yang sering muncul saat puasa

Gangguan pencernaan

Adanya gangguan pada pencernaan biasanya disebabkan karena makanan berlebih. Makanan berlemak, makanan pedas dan makanan yang terlalu asin terkadang membuat masalah pada perut sehingga pencernaan jadi terganggu. Oleh karenanya, jangan terlalu banyak makan baik saat sahur dan berbuka. Makanlah secukupnya dengan makanan sehat. Hindari makanan yang banyak lemak dan makan gorengan berlebihan.

Sembelit/konstipasi

Konstipasi atau biasa disebut sembelit juga kerap terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Penyebabnya yaitu kurangnya asupan cairan dan serat ketika kita sedang berpuasa. Solusinya, kita harus lebih banyak minum air putih dan konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran. baca juga: Obat alami mencret

Sakit maag

Maag merupakan jenis gangguan penyakit yang bisa muncul saat puasa. Penyakit maag bisa muncul akibat pola makan tidak teratur. Ketika puasa, pola makan kita cenderung berubah dari biasanya. Padahal, puasa itu sendiri mengajarkan kita untuk hidup teratur dengan pola makan yang baik. Akan tetapi karena tidak biasa, terkadang pola makan kita malah menjadi kacau. Apalagi jika saat berbuka puasa terlalu banyak makan.

Hasilnya, penyakit maag bisa menyerang dan mengganggu ibadah puasa yang kita jalani. Untuk menghindari sakit maag kambuh ketika puasa, maka aturlah pola makan Anda sebaik mungkin. Jangan pernah meninggalkan saat berbuka dan usahakan untuk segera berbuka ketika Adzan maghrib berkumandang. Jangan makan berlebihan, tetapi awali berbuka dengan makanan yang mudah dicerna. Selalu minum air putih secara berkala sejak berbuka hingga saat sahur. baca juga: Menu makan sahur untuk penderita maag

Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa muncul ketika berpuasa. Penyebabnya yaitu akibat asupan oksigen dalam darah menjadi berkurang. Apalagi bagi penggemar kopi yang biasa minum kopi pada siang hari. Pada saat puasa, asupan kafein berkurang sehingga membuat pecandu kopi lebih mudah sakit kepala. Anda perlu mengurangi minum kopi sejak satu bulan sebelum Ramadhan. Dengan begitu, tubuh akan terbiasa saat berpuasa.

Kita bisa mencegah munculnya jenis gangguan penyakit yang bisa muncul saat puasa di atas. Dengan gaya hidup sehat saat puasa, diharapkan kita bisa menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh tanpa ganguan. baca juga: Tips agar kuat berpuasa meski tidak sahur

posted by: http://www.pakarkista.com/

Gangguan Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa

You May Also Like

About the Author: PakarKista.com

adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *